Paket Pirate Backlinks:

Paket A
10 Guest post on high quality blog network
5 Post on private blog network
45 Social share
15 Articles 400 Words
Price $25

buynow_

Paket B
20 Guest post on high quality blog network
5 Post on private blog network
75 Social share
25 Articles 400 Words
Price $50

buynow_

Paket C
30 Guest post on high quality blog network
5 Post on private blog network
105 Social share
35 Articles 400 Words
Price $75

buynow_

Note:
Rate $1 = Rp. 13.200
Pirate Backlinks hanya berlaku untuk web berbahasa Indonesia.
Bonus iklan adwords senilai Rp. 500.000,- setiap pembelian paket C. *Syarat dan ketentuan berlaku.

Cari Tahu Apa Itu SEO

SEO merupakan kepanjangan dari Search Engine Optimization. Ia merupakan serangkaian upaya yang dilakukan oleh seorang webmaster pada sebuah website dengan tujuan untuk meningkatkan visibilitas sebuah halaman wbsite menjadi lebih baik di mesin pencari seperti Google. Ini karena halaman website yang memiliki ranking baik di halaman pencarian Google memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan lebih banyak visitor yang potensial terus menerus secara gratis.

Misalnya saja ketika anda mengetikkan sebuah kata kunci dihalaman pencarian Google, maka anda akan lihat list website yang berhubungan dengan kata kunci tersebut. Halaman website yang berada diurutan teratas biasanya mendapat pengunjung lebih banyak daripada website yang berada diurutan bawah. Pengguna internet cenderung memilih untuk mengunjungi website yang ada diurutan teratas karena lebih mudah. Itulah mengapa SEO dibutuhkan agar suatu halaman website bisa berada pada ranking teratas sehingga lebih berpeluang mendapat lebih banyak pengunjung.

Lalu apa hubungannya SEO dengan internet marketing dan usaha yang dijalankan?

Setiap usaha atau bisnis yang dijalankan tentunya memiliki goal atau tujuan. Usaha di era digital seperti ini akan lebih diuntungkan dengan adanya internet marketing. Lagipula, bukankah bisnis itu tentang profit? Para pengusaha (termasuk anda) harus melakukan berbagai cara agar dapat mendatangkan profit setinggi mungkin.

SEO berhubungan internet marketing bagi usaha dengan memberikan manfaat sebagai berikut:

  • Menambah trafik potensial ke website yang anda gunakan untuk bisnis – Peluang untuk mendatangkan trafik atau pengunjung akan lebuh besar dengan memanfaatkan teknik SEO dengan benar. Semakin banyak pengunjung potensial yang mengunjungi website anda, maka semakin besar pula peluang untuk menjadikan mereka sebagai customer anda. Para pengguna internet biasanya mengetikkan kata kunci untuk mencari tahu informasi mengenai produk atau jasa yang dibutuhkan. Kata kunci yang relevan dengan bisnis anda akan mengantarkan pengunjung potensial pada website anda yang telah dioptimasi dengan SEO.
  • Brand awareness bisnis anda meningkat dimata calon konsumen – Kemampuan calon membeli atau konsumen untuk mengenali sebuah merek adalah yang disebut dengan brand awareness. Semakin terkenal sebuah merek pada niche tertentu maka intensitas penjualan akan lebih berpotensi untuk terus meningkat. Dengan menggunakan SEO, maka website anda akan berpeluang untuk mendapat kunjungan pengguna internet yang lebih banyak. Dengan begitu, mereka akan mengingat halaman website anda serta produk atau jasa serta informasi terkait bisnis anda.
  • Memperoleh data customer dengan lebih mudah – Mengetahui data calon konsumen berguna agar lebih mudah untuk menghubungi mereka ketika anda mengeluarkan produk atau jasa baru termasuk promosi khusus. Dengana danya data kontak calon konsumen, anda bisa berhubungan langsung dengan mereka data konsumen akan lebih mudah untuk didapatkan bahkan secara gratis jika website anda menggunakan SEO. Karena dengan begitu, website anda akan berada diurutan teratas mesin pencari dan lebih banyak pengunjung potensial yang berkunjung ke website anda. Dengan begitu, data calon konsumen pun bisa didapatkan. Anda bisa mengetahui apa keinginan para calon konsumen sekaligus berpromosi secara lebih optimal.

Dalam kegiatan SEO sendiri, ada berbagai hal yang dilakukan agar hasilnya memuaskan. Tidak sedikit yang menganggapnya rumit. Namun jika dilakukan dengan baik oleh profesional maka hasilnyapun akan optimal. Jika anda merasa tidak mampu melakukannya sendiri, tidak ada salahnya anda mempercayakan project internet marketing ini pada vendor yang terpercaya dan profesional dibidangnya.

Mengenal Apa Itu Onpage SEO

SEO merupakan teknik atau strategi yang digunakan oleh para webmaster untuk meningkatkan ranking dan traffic website. Hal ini sangat bermanfaat terutama dalam meningkatkan suatu bisnis. Dengan SEO, maka suatu halaman websote bisa berada diurutan pertama pada mesin pencari seperti Google. Strategi seperti ini bukanlah hal yang baru didunia internet marketing. Banyak vendor-vendor yang menawarkan jasa SEO untuk memperlancar suatu bisnis terutama jika ingin menjaring pelanggan yang merupakan pengguna internet. Dalam strategi SEO sendiri ada berbagai kegiatan yang harus dilakukan. Namun untuk kali ini kita akan membahas salah satu kegiatan yang vital dalam SEO yang dilakukan para internet marketer, yaitu Onpage SEO.

Apa itu Onpage SEO?

Onpage SEO merupakan upaya optimasi website yang dilakukan dari sisi website itu sendiri. Optimasi Onpage SEO dilakukan dari dalam website. Ini artinya, seorang webmaster melakukan upaya optimasi dengan mendesain website yang SEO friendly. Apa saja yang dilakukan dalam optimasi Onpage SEO?

  • URL Domain- Hal yang dilakukan sebelum membuat website ialah menganalisa terlebih dahulu website yang akan dibangun. Baru dari situ tujuan wbsite harus lebih jelas lagi arahnya sesuai dengan URL domain yang telah ditetapkan. Pemilihan URL domain merupakan dasar utama agar website memiliki kinerja yang terus meningkat. URL domain harus disesuaikan dengan kata kunci yang ditargetkan. Jika sudah begitu, maka kompetisi akan jauh lebih mudah dilakukan.
  • Template harus dibuat agar SEO friendly bagi blog ataupun website. Mengetahui elemen apa saja yang dibutuhkan untuk membangun template yang SEO friendly bisa sangat membantu.
  • Tag judul adalah elemen penting untuk mendefinisikan isi posting. Search Engine Google sering menggunakan tag judul untuk ditampilkan pada halaman hasil pencarian. Tag judul sebaiknya memiliki 50-60 karakter. Dengan begitu, 95% dari judul artikel akan ditampilkan dengan benar pada halaman hasil pencarian. Memasukkan kata kunci yang relevan di Tag judul adalah penting.
  • Meta Tag merupakan elemen yang terdiri dari meta description, meta keyword, serta meta content lainnya. Meta Tag sendiri membantu website untuk lebih cepat terinxed oleh Search Engine. Ia juga memberikan informasi penting mengenai halaman website anda pada Google Crawler.
  • Internal Link bertujuan untuk membantu Search Engine menjelajahi seluruh halaman artikel dan membaca seluruh struktur blog atau website anda. Dengan begitu, artikel and ayang tersusun rapih akan terindeks dengan lebih baik di Search Engine.
  • Optimisasi URL artikel memiliki peranan penting karena ketika URL artikel itu SEO friendly maka akan mempermudah Search Engine mengindex artikel sesuai dengan kata kunci. Google sendiri memberikan informasi bahwa URL pada sebuah halaman haruslah logis dan mudah dipahami manusia.

Ada banyak elemen penting dalam Onpage SEO selain yang sudah dijelaskan diatas, diantaranya:

  • Riset keywords
  • Konten menarik dan bermanfaat
  • Heading
  • Navigasi website
  • Penamaan gambar

Tidak heran jika SEO tidak mudaj untuk dijalankan. Ada begitu banyak elemen yang penting dalam optimasi SEO agar dapat memberikan hasil yang optimal terhadap website. Anda tentu bisa mempelajari dan mengaplikasikannya secara langsung namun tentu saja hal tersebut akan memakan waktu yang tidak sebentar. Oleh karena itu, ada baiknya anda mempercayakan strategi ini pada profesional yang ahli dibidangnya. Teknik Onpage SEO bisa dilakukan dengan lebih baik oleh para profesional.

Mengenal Apa Itu Offpage SEO

Dalam SEO, ada banyak kegiatan yang harus dilakukan. Meskipun terlihat rumit, namun jika dikerjakan dengan benar, maka hasilnya pun akan optimal. Dalam strategi SEO ada dua hal penting yang harus dikerjakan seorang webmaster atau internet marketer yaitu Onpage SEO dan Offpage SEO. Karena sebelumnya sudah kita bahas apa itu Onpage SEO, maka kali ini kita akan membahas dan mengenal apa itu Offpage SEO.

Apa itu Offpage SEO?

Offpage SEO merupakan upaya optimasi website yang dilakukan dari luar website, tidak seperti Onpage SEO yang dilakukan dari dalam website. Ketika Onpage SEO yang dibangun sudah sempurna, maka harus didukung dengan optimasi dari luar website. Maka optimasi Offpage dilakukan dengan cara membangun links dari situs lain menuju website yang dioptimasi. Ada berbagai jenis links yang biasa digunakan untuk meningkatkan popularitas sebuah website, diantaranya:

  • Link media sosial yang banyak digunakan masyarakat dalam keseharian mereka seperti Facebook, Twitter, Google+, YouTube, dll.
  • Link dari 2.0 properties seperti WordPress, Blogspot, Weebly, dll.
  • Link dari situs sosial bookmark seperti Lintas.me, Folkd, dll.
  • Link dari forum online seperti Kaskus, forum Detik, Bersosial, dll.
  • Link dari kegiatan blogwalking seperti saat pengguna internet berkomentar diblog orang lain.
  • Link yang menerima guest blogger, dll.

Cara membangun Offpage SEO

Dalam membangun Offpage SEO, ada dua jenis tindakan yaitu Whitehat dan Blackhat. Whitehat berarti melakukan tindakan yang aman terhadap peraturan yang dikeluarkan Google, dan Blackhat adalah adalah sebaliknya. Blackhat merupakan upaya yang dilakukan diluar dari peraturan yang dikeluarkan Google. Jika salah langkah, maka anda bisa dikenakan penalti oleh Google.

Berikut beberapa cara yang biasa dilakukan dalam optimasi Offpage SEO:

  • Jika website anda selalu membagi artikel ke berbagai social media maka bisa memiliki kesempatan lebih besar untuk mendapatkan kata kunci. Hasilnya, ia akan lebih cepat terindex oleh Search Engine. Social media membantu website anda lebih dikenal oleh para pengguna internet.
  • Ada juga Backlink yang merupakan salah satu Offpage SEO yang berpengaruh pada tingkatan Page Rank serta peningkatan kata kunci yang diinginkan. Ada banyak cara untuk membangun backlink, namun sebaiknya backlink yang digunakan bukanlah spamming karena Google Search Engine bisa memberikan penalti jika backlink yang anda bangun ternyata adalah spamming.
  • Untuk membuat Offpage SEO, anda juga bisa menggunakan tools SEO Google. Beberapa tools yang bisa dimanfaatkan diantaranya Analytics, Webmaster, Trends, Adwords Keyword planner, Content experiment, Tag manager, Alerts, Consumer Planner, dll. Tools tersebut bisa dipelajari dan dimanfaatkan untuk bisa membangun website yang SEO friendly.
  • Cara lainnya yaitu dengan share gambar. Dengan mengupload ulang gambar dari artikel terkait di website penyimpanan gambar umum dan memberikan keterangan berupa backlink ke artikelnya adalah salah satu caranya. Peningkatan backlink bisa lebih terbantu dan jumlah pengunjung bisa lebih meningkat pula. Atau anda juga bisa melakukannya dengan memberikan Watermark link website pada gambar.

Sebenarnya anda bisa mengembangkan sendiri cara-cara membangun Offpage SEO. Namun pastikan anda mengetahui tujuan yang jelas disertai dengan analisa yang baik. Menggunakan tools-tools yang ada bisa sangat membantu dalam prosesnya. Kemudian, pantau selalu perkembangan Offpage SEO dengan seksama dan teratur. Itulah informasi seputar Offpage SEO dan hal-hal penting dalam proses membangunnya. Semoga bermanfaat!

Cara Riset Kata Kunci

Kata kunci erat kaitannya dengan SEO, backlinks, dan elemen penting lainnya dalam SEO. Kata kunci juga merupakan elemen dasar dalam mesin pencari seperti Google karena hasil pencarian berdasarkan kata kunci. Memilih kata kunci yang tepat untuk blog atau website adalh hal yang sangat penting untuk dilakukan. Kata kunci yang tepat bisa mengantarkan pada tingginya traffik website anda. Semakin tinggi trafik, maka semakin tinggi pula peluang usaha anda berkembang karena banyak pengunjung potensial yang berkunjung.

Sebelum mengetahui cara riset kata kunci, ada baiknya anda juga mengenal beberapa jenis kata kunci dalam SEO:

  • Short tail keyword- Kata kunci pendek yang hanya terdiri dari satu atau dua kata saja. Jenis kata kunci seperti ini punya persaingan tinggi.
  • Long tail keyword- Kata kunci yang memiliki lebih dari dua kata. Kata kunci seperti ini direkomendasikan bagi para pemula karena tingkat persaingannya sendiri lebih rendah. Sehingga anda bisa menguasai posisi teratas laman pencari lebih mudah.
  • Keyword abadi – Kata kunci yang selalu digunakan orang untuk mencari informasi pada mesin pencari seperti Google apapun jamannya.
  • Keyword musiman – Kata kunci yang sifatnya hanya sesaat atau musiman. Misalnya kata kunci tentang skor pertandingan bola, dsb.

Ada beberapa jenis kata kunci lainnya dalam dunia SEO yang bisa di riset dan digunakan untuk mengoptimalkan trafik. Namun keempat jenis kata kunci diatas merupakan jenis kata kunci secara umum yang paling banyak digunakan. Selanjutnya, mari kita bahas tentang cara riset kata kunci itu seperti apa dan bagaimana caranya. Dalam meriset kata kunci, ada tools-tools yang disediakan Google dan bisa dimanfaatkan untuk optimasi SEO website bisnis anda.

Salah satu tools yang sering digunakan ialah Google Keyword Planner. Berikut tata cara menggunakan tools ini untuk meriset kata kunci:

Pertama, mendaftar ke Google Adwords yang mana merupakan fasilitas gratis yang diberikan Google untuk riset pasar. Proses mendaftar membutuhkan akun Gmail.

Selanjutnya, menggunakan tools. Setelah berhasil mendaftar, baru kemudian bisa menggunakan tools ini.

Berikut beberapa langkah dalam menggunakannya:

  • Klik menu ‘tools’ kemudian pilih Google Keywords Planner’ pada sub menu yang muncul.
  • Akan ada beberapa pilihan riset keywords dihalaman selanjutnya kemudian klik ‘Search for new keyword and ad group ideas’.
  • Selanjutnya masukkan kata kunci yang berhubungan dengan bisnis anda pada kolom yang tersedia. Edit pula bagian ‘targeting’ untuk menentukan target market anda. Jika target anda adalah Indonesia, maka isikan kata ‘Indonesia’ dibagian ‘Location’ dan masukan kata ‘Indonesian’ pada bagian ‘Language’. Kemudian klik ‘Get ideas’.
  • Halaman result akan muncul dimana ada trend kata kunci yang anda cari. Klik tab ‘Keyword ideas’ untuk mencari kata kunci yang terkait dengan kata kunci utama tadi serta untuk mencari informasi penting lainnya.
  • Download semua kata kunci dengan klik ‘Download’ untuk kemudian di simpan dalam bentuk file Excel CSV.

Dengan riset kata kunci memang tidak bisa menjamin halaman website anda akan langsung berada diperingkat atas mesin pencari. Namun cara ini adalah langkah terbaik yang bisa dilakukan untuk mewujudkannya. Namun jika anda merasa tidak memiliki waktu untuk mengerjakan riset kata kunci seperti ini, maka tidak ada salahnya jika anda menyerahkan tugas ini pada ahlinya. Dengan begitu, anda bisa memaksimalkan waktu, tenaga, dan biaya dengan lebih efektif.

Membuat Strategi Konten Marketing

 

Guna meningkatkan bisnisa khususnya didunia digital online, strategi konten marketing merupakan elemen yang penting. Hal ini tentunya sudah tidak asing bagi mereka yang memang sudah berkecimpung didunia bisnis online. Namun bukan tidak mungkin juga untuk seorang pemula mencoba untuk mengaplikasikan strategi ini.

Apa itu konten marketing?

Konten marketing memanfaatkan proses membuat konten/isi untuk menarik customer potensial anda. Konten biasanya hadir dalam bentuk postingan blog. Konten yang berkualitas pada blog atau website anda bisa menjadi elemen penting dalam mengembangkan bisnis anda. Konten idealnya bersifat valuable serta relevant dalam menarik customer yang anda targetkan. Dalam membuat konten marketing dibutuhkan strategi agar konten bisa memberikan hasil yang sesuai dengan yang diharapkan. Pada akhirnya, traffic, leads dan sales bisa didapatkan lebih banyak.

Berikut hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat strategi konten marketing yang bisa mendatangkan hasil optimal:

  • Tentukan goal jangka pendek dan jangka panjang anda. Menentukan goal seperti ini bisa membantu anda dalam menentukan langkah apa yang harus diambil dan diprioritaskan. Contoh goal jangka pendek misalnya ingin mengarahkan search engine traffic pada website anda. Maka langkah yang anda ambil ialah membuat konten dengan memanfaatkan keyword tertentu agar bisa masuk diperingkat atas pada mesin pencarian Google. Contoh goal jangka panjang misalnya anda ingin membangun reputasi dan brand awareness. Maka yang harus anda lakukan adalah membuat konten yang valuable dan informatif bagi pengunjung. Pada akhirnya anda bisa mendapat social share untuk kemudian dikonversikan menjadi email subscribers.
  • Mengenali karakter customer anda juga menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Tidak semua pengguna internet merupakan calon customer potensial untuk bisnis anda. Maka anda harus memiliki target pengunjung tertentu yang relevan dengan bisnis anda. Setelah menargetkan pengunjung, anda bisa mempelajari bagaimana cara berpikir mereka. Misalnya saja jika target anda adalah anak-anak muda, maka anda perlu membuat konten dengan bahasa yang asik dan mudah dimengerti serta tidak terlalu kaku. Dengan begitu, anda bisa menarik perhatian pengunjung tertarget anda.
  • Membuat konten yang unik juga menjadi hal penting selanjutnya dalam strategi ini. Konten yang ambigu dan tidak jelas target serta maksudnya tidak akan memberikan hasil yang optimal. Maka, anda harus mencari fokus unik anda melalui konten marketing yang tidak biasa. Konten anda idealnya harus lebih menonjol dari yang lain, atau setidaknya memiliki perbedaan yang membuatnya lebih unggul. Keunikan bisa didapatkan dengan mengetahui keahlian anda sendiri. Kemudian barulah bisa dibuat konten yang relevan namun unik dan menarik.
  • Membuat kalender konten bisa jadi strategi yang bagus. Mengapa? Membuat serta mempublikasi konten secara teratur adalah faktor yang penting dalam keberhasilan strategi konten marketing. Namun bukan berarti karena ada jadwal yang sudah dibuat maka anda membuat konten hanya berdasarkan jadwal dan tidak memperhatikan kualitasnya. Konten berkualitas memiliki nilai informatif dan menarik sehingga ini akan membantu reputasi bisnis anda kian berkembang. Dengan adanya kalender, anda memiliki jadwal tetap kapan harus memperbaharui konten sehingga konten anda tidak yang itu-itu saja.

Itulah beberapa hal yang bisa anda perhatikan dalam membuat strategi konten marketing yang bisa memberikan hasil optimal bagi bisnis anda. Satu hal yang pasti bahwa dalam dunia internet marketing diperlukan ketekunan dan kerja keras agar setiap strategi bisa terimplementasi dengan optimal.

Mengenal Apa Itu Link Building Dalam Dunia SEO

Link building memiliki kedudukan yang sama pentingnya dengan SEO Onpage. Artinya, ia merupakan hal yang sangat penting dalam optimasi website. Link sendiri merupakan connector antara dua halaman web baik dari satu halaman utama maupun dari suatu sub halaman ke sub halaman lainnya. Link ibarat sebuah navigasi website yang tidak dapt dipisahkan. Link sendiri ada dua jenis yaitu internal dan eksternal. Maka membangun link building berarti membangun link baik secara internal maupun eksternal.

Secara garis besarnya, link building merupakan penanaman link diberbagai situs lain yang mengarahkan url tersebut ke URL website anda dengan berbagai keyword. Contoh sederhananya seperti ini. Misalnya website Youtube.com memberi link ke twitter.com, maka twitter.com mendapatkan suatu backlink dari Youtube.com.

Sumber link building sendiri ada beberapa macam dan bisa dimanfaatkan untuk mengoptimasi website anda, diantaranya:

  • Blogwalking- Ini dilakukan dengan cara meletakkan link website anda saat berkomentar di website lain pada kolom komentar pada isian nama. Ada banyak pengguna internet yang berkomentar saat mengunjungi website dan membaca kontennya. Blog commenting ini merupakan sumber link yang potensial untuk meningkatkan traffic website anda dengan cara yang cukup mudah.
  • Social Bookmark – Ini dilakukan dengan cara melakukan aktivitas berbagi link pada social bookmark.
  • Aktivitas forum – Ini dilakukan dengan cara meletakkan link saat membuat thread, menjawab thread, ataupun berupa link didalam signatured. Ada banyak aktivitas forum yang menjadi sumber link dan bisa dimanfaatkan seperti Forum Detik, Kaskus, dll.
  • Guest blogging – Ini dilakukan dengan cara mengirimkan artikel yang didalamnya terdapat link ke website anda untuk kemudian agar bisa dipublish di website orang lain.
  • Directory submit – Ini dilakukan dengan cara melakukan listing website anda pada directory online.

Beberapa sumber link building diatas hanya sebagian dari banyaknya sumber link building yang bisa dimanfaatkan. Namun untuk pemula, beberapa contoh sumber diatas adalah termasuk basic yang bisa dipelajari dan dimanfaatkan diproses awal pengenalan link building. Jika anda sudah memahami betul bagaimana cara memanfaatkan sumber link building diatas maka anda akan mengetahui sendiri sumber link building lainnya. Anda nantinya akan memiliki kemampuan untuk mengenali strategi mana yang paling jitu untuk mendapatkan link dari website lain.

Perlu anda perhatikan bahwa proses meletakkan link pada sumber link building seperti yang telah disebutkan diatas haruslah dilakukan secara natural. Semakin tinggi jumlah dan kualitas link yang mengarah ke suatu halaman blog/website maka semakin tinggi popularitas dan visibilitasnya. Pada akhirnya, ranking halaman website tersebut dapt meningkat seiring meningkatnya popularitas dan visibilitas website tersebut. Ia juga nantinya akan lebih cepat terindeks dan memiliki SERP yang lebih baik secara cepat.

Dalam upaya anda membuat link building, pastikan anda memilih artikel yang original dan bukan merupakan contekan. Dengan begitu, maka anda bisa mendapatkan backlink dari website lain yang mereferensi artikel website anda. Adanya link sumber pada artikel perlu diperhatikan. Kalau artikel merupakan contekan maka SERP bisa turun dan bahkan bisa terhapus sama sekali dari indeks mesin pencari.

Jadi, mengelola website anda tidak hanya dilakukan dari dalam saja. Anda bisa melakukan upaya lain diluar website untuk bisa meningkatkan popularitas dan visibilitas website anda. Dengan begitu, traffic dan sales juga akan semakin meningkat. Itulah manfaat dari link building yang bisa anda peroleh.

Cara Mempelajari SEO Secara Lebih Terarah

Mempelajari SEO atau Search Engine Optimization bisa sangat merepotkan saat pertama kali mencobanya. Ada banyak hal yang harus anda pikirkan. Namun semakin anda terbiasa dengan SEO dan semakin ahli, maka hasilnya pun sebanding. Maka kali ini kita akan membahas bagaimana caranya anda bisa mempelajari seluk beluk SEO dalam tulisan ini.

Perlu anda ketahui bahwa SEO itu berubah begitu cepat. Menurut John Mueller, seorang analist trend webmaster, Google mengupdate algoritma hampir setiap hari. Hal ini mendorong industri SEO untuk bergerak pula. Meskipun prinsip dasarnya tetap sama, namun selalu ada hal-hal baru untuk diuji dan dipelajari. Berikut beberapa hal untuk anda ketahui tentang bagaimana mempelajari SEO:

  • Kebanyakan pendidikan formal tidak mengajarkan SEO. Namun anda bisa mempelajarinya segala hal tentang SEO melalui media online. Kebanyakan yang bergelut di bidang SEO adalah otodidak dan memanfaatkan sumber informasi yang ada secara gratis melalui online. Anda bisa memilih mempelajarinya sendiri atau mengikuti pelatihan berbayar. Tentu saja mempelajari sendiri gratis namun mengikuti pelatihan berbayar bisa menghemat waktu anda dalam belajar dan proses mempelajari SEO jadi lebih terarah. Namun pastikan anda mempelajari SEO dari ahli yang memang sudah memiliki reputasi yang baik.
  • Mempelajari SEO harus sambil dipraktekkan langsung agar lebih cepat paham. Dengan mempraktekannya langsung maka anda akan memahami prinsip-prinsip dasar dalam SEO. Untuk bisa praktek langsung dibidang SEO anda bisa bekerja dibidang SEO mulai dari bawah. Jika anda berencana untuk melamar pekerjaan dibidang SEO.
  • Untuk bisa mempraktekan langsung SEO yang anda pelajari selain dengan bekerja diperusahaan yang bergelut dibidang SEO ialah dengan mencoba mengelola website sendiri. Dengan begitu, anda akan bisa memahami bagaimana sulitnya untuk membuat website anda ada di peringkat atas, atau bagaimana cara anda meningkatkan pengunjung. Anda tidak harus membuka bisnis untuk bisa mengelola website. Anda bisa membuat blog pribadi atau situs afiliasi.
  • Bagaimana jika ada informasi yang saling berlawanan ketika mempelajari SEO secara online? Ketika menemukan hal ini, maka yang harus anda lakukan ialah mempercayai sumber-sumber terpercaya. Anda juga harus lebih percaya pada sumber yang menyertakan analisis statistik. Anda juga harus mengandalkan sumber ganda. Artinya, dalam mempelajari SEO, anda jangan hanya bergantung pada satu sumber saja. Tapi carilah informasi sebanyak mungkin dari berbagai sumber yang berbeda. Sebaiknya anda uji terlebih dahulu SEO taktik yang anda pelajari sebelum memutuskan untuk mempercayainya.
  • Kemudian, dalam mempelajari SEO anda harus tahu bahwa ada strategi hitam dan putih atau dalam istilahnya white hat and black hat. White hat berarti strategi dan teknik yang digunakan sesuai dengan aturan Google dan mesin pencari lainnya sedangkan black hat adalah sebaliknya. Untuk langkah awal sebaiknya anda mempelajari white hat sebagai dasar. Namun jika anda ternyata menemukan ada strategi black hat yang efektif maka anda bisa mencoba menggunakannya namun harus pastikan tidak melanggar aturan main.
  • Saat mempelajari SEO anda akan menemukan informasi yang tak terhingga sampai bingung harus mulai darimana. Untuk itu, sebaiknya anda mulai dari memahami hal-hal yang paling mendasar dalam mempelajari SEO. Sebaiknya anda mulai mempelajari dari yang termudah.
  • Riset keywords adalah hal yang harus anda pelajari dalam SEO. Ada begitu banyak cara untuk meriset keywords dan tidak ada rumus pastinya. Semuanya tergantung pada industri itu sendiri, budget, dan goal. Ada tiga jenis riset dalam riset keywords yaitu yang bersifat transaksional, informatif, dan navigasional.
  • Meriset para pesaing juga harus dipelajari agar anda bisa mengetahui strategi apa yang digunakan pesaing anda.
  • Selanjutnya yang penting untuk dipelajari ialah strategi optimasi SEO. Ada beberapa jenis strategi untuk mengoptimasi kinerja SEO diantaranya SEO On page dan SEO Off page. On page berarti upaya optimasi dilakukan didalam website sedangkan Off page sebaliknya.
  • SEO secara teknis memang penting untuk anda pelajari. Namun anda tidak perlu khawatir karena mempelajari hal-hal yang bersifat teknis tidak hanya bisa dilakukan oleh developer saja.
  • Penting untuk anda mempelajari Tools SEO. Dengan tools-tools inilah, anda nantinya bisa lebih menghemat waktu dalam mengelola website anda dan menjadikan anda lebih unggul dari para pesaing anda. Beberapa tools disediakan oleh Google secara gratis dan anda bisa mempelajarinya langsung seperti Google analytics, Google search console, screaming frog, dll.
  • Anda juga harus mempelajari kemampuan menganalisa. Strategi SEO yang anda aplikasikan nantinya harus bisa anda analisa apakah kinerjanya sudah maksimal atau malah gagal. Dengan begitu, anda bisa melakukan perbaikan atau pengembangan lebih lanjut. Anda bisa memanfaatkan tools untuk menganalisa optimasi SEO.
  • Mengkonversi traffic menjadi sale, email subscriber, dan bentuk berharga lainnya adalah tujuan dari oprimasi SEO itu sendiri. Percuma saja bila traffic website anda tinggi namun anda tidak bisa mengkonversinya. Untuk itu, pelajarilah bagaimana Conversion Rate Optimization atau CRO itu bekerja.
  • Selanjutnya dalam mempelajari SEO adalah dengan terus belajar. SEO adalah bidang yang terus berubah dan berkembang. Jika anda tidak terus belajar, maka anda akan ketinggalan banyak hal. Manfaatkanlah fasilitas yang ada diinternet dan sekitar anda untuk memaksimalkan proses belajar anda misalnya dengan bergabung di group Facebook yang bermanfaat untuk anda mempelajari SEO. Selain Facebook, anda juga memanfaatkan platform lainnya seperti Podcast, blog/websites, atau Youtube channel (seperti ahrefs, Backlinko, dll).

Selain bisa mempelajari SEO secara online, anda juga bisa mempelajari secara langsung dengan menghadiri konferensi SEO, atau membeli buku tentang panduan mempelajari SEO dari author yang kredibel. Selama mempelajari SEO, anda harus lebih selektif dalam memilah dan memilih sumber yang tepat.

Kini saatnya anda yang memutuskan ingin mulai mempelajari SEO secara lebih terarah dan serius atau tidak. Satu hal yang sangat esensial dalam mempelajari SEO ialah rasa ingin tahu. Dengan rasa ingin tahu yang tinggi, maka bisa membawa anda untuk lebih maju dan berkembang disetiap tahapan pembelajaran yang anda lakukan.

Cara Menilai Kinerja SEO

SEO merupakan strategi yang digunakan dalam internet marketing. Dengan SEO, maka diharapkan traffic suatu website bisa semakin meningkat. Namun SE juga merupakan teknik berkelanjutan. Ini berarti pemilik website harus bisa mengamati atau menilai kinerja SEO secara terus menerus. Selama melakukan pengamatan terhadap kinerje SEO, pemilik website bisa mengukur sejauh mana keberhasilan dan keefektifan dari strategi dan tenik yang digunakan. Jika ada bagian-bagian yang kurang optimal, maka pemilik website bisa melakukan berbagai upaya untuk memaksimalkan kinerja SEO. Inilah mengapa penting untuk menilai kinerja SEO.

Maka ketika anda bergelut dibidang ini, mau tidak mau anda harus meluangkan waktu untuk memantai kinerja SEO pada website anda. Selama proses pemantauan, anda akan mengetahui apa saja yang terjadi pada website anda. Anda juga dapat mengetahui data angka apakah naik atau justru menurun. Maka selanjutnya akan dapat melakukan perbaikan pada teknik SEO anda. Dalam SEO, ada dua teknik dasar yang dilakukan untuk optimasi yaitu Onpage anda Offpage SEO. Onpage SEO adalah upaya optimasi yang dilakukan secara internal atau dari dalam website. Sedangkan Offpage SEO merupakan upaya optimasi yang dilakukan dari luar website. Keduanya harus anda pahami dan kuasai terlebih dahulu.

Selain Onpage dan Offpage SEO, anda juga harus memahami betul konsep dalam membangun strategi konten marketing yang baik dalam SEO. Darisitulah maka anda bisa menilai seberapa efektif teknik-teknik SEO yang anda lakukan. Mengevaluasi kinerja SEO bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa langkah berikut:

  • Gunakan Search Console dan Google Analytics

Kedua tools tersebut berguna untuk mengetahui data-data yang bisa anda manfaatkan untuk mengoptimasi website anda lebih lanjut. Maka pertama anda perlu untuk menginstall Google Analytics. Setelah itu, biarkan tool ini bekerja selama beberapa hari. Kemudian anda bisa masuk ke Search Console dan tambahkan website anda. Dengan menggabungkan kedua tools tersebut maka website anda akan memiliki sitemap berformat xml. Dengan begitu, maka anda dapat mendaftarkannya ke search console agar Google bisa lebih mudah mengindex situs anda.

  • Crawling dengan alat bantu

Crawling ialah mesin pencari yang selalu menjelajah halaman-halaman website sambil mengumpulkan berbagai informasi. Hal yang sama akan anda lakukan pada website anda. Ini dilakukan untuk mengetahui keberadaan broken link, error page, atau duplikat internal, serta meta tag yang kosong. Dalam melakukan crawling, ada beberapa tools yang bisa anda manfaatkan seperti Wildshark SEO spider, ScreamingFrog SEO spider, atau BeamUsUp SEO crawling software. Anda bisa download salah satu tool tersebut kemudian mulai scan website anda. Maka hasil scan akan keluar dan dapat anda jadikan acuan jika ada hal yang harus diperbaiki atau dikembangkan lebih jauh.

  • Meriset kata kunci lebih lanjut

Kata kunci memiliki peranan penting dalam perkembangan SEO. Maka meriset kata kunci secara lebih lanjut bisa membantu anda dalam memantau kinerja SEO. Pastikan agar anda menyisipkan kata kunci dibagian-bagian penting seperti judul, meta description dan konten. Namun ingat menentukan kata kunci harus dilakukan dengan riset terlebih dahulu.

Selain beberapa langkah diatas, anda juga bisa menilai kinerja SEO dengan menganalisa performa konten pada website anda. Karena 80% dari keseluruhan hal yang dilakukan berisi konten, maka konten memang berpengaruh dalam penerapan dan kinerja website anda. Terlebih lagi, pengunjung akan menyukai konten yang berkualitas.

Trend Digital Dan SEO 2017

Menurut beberapa master SEO, rumus untuk SEO terbaik di tahun 2017 ini ialah ‘Konten yang baik+Baclinks=Ranking meningkat’.

Di tahun 2017 ada beberapa kegiatan SEO yang menjadi trend dan dianggap mampu mendongkrak kinerja SEO. Terdengar klise memang, namun memang link building itu tergantung pada konten yang bagus. Masalahnya, standar ‘konten yang bagus’ semakin tinggi ditiap tahunnya. Dalam membuat konten yang bagus dibutuhkan sumber daya yang mumpuni yang bisa mendesain konten artikel agar terasa lebih hidup. Ahli SEO lain berpendapat bahwa hal yang penting dalam SEO itu ada pada ‘crawl budget’. Ini karena Google sendiri tidak akan mampu untuk mengindeks halaman secara masive pada situs kita.

Selanjutnya, trend yang akan terjadi pada SEO 2017 yaitu dengan adanya influencer marketing. Ini dianggap cara yang paling mudah untuk memperoleh backlinks, traffic, serta popularitas secara natural tanpa beresiko mendapat penalti dari Google.  Selanjutnya ada juga smart content marketing. Setiap konten yang kita buat sejatinya memang harus memiliki tujuan. Misalnya penggunaan artikel untuk mentarget keyword tertentu agar dapat rangking teratas. Konten sebisa mungkin harus sesuai dengan apa yang dibutuhkan pengunjung.

Trend lain yang mendominasi SEO 2017 ialah On-site SEO dimana ini mengharuskan kita untuk lebih mobile-friendly. Kecepatan website kita adalah faktor SEO yang sangat besar. Gunakanlah hosting berkualitas dan CDN. Kemudian cek kecepatan website kita dengan GTmetrix dan Google’s PageSpeed Insight. Pastikan pula agar situs kita sudah https agar Google tidak mengeluarkan peringatan keamanan ketika pengunjung mengunjungi website kita.

Ada juga ahli SEO yang menyarankan bahwa SEO terbaik ialah antara fokus pada topik secara lebih mendalam vs backlinks. Seberapa dalam pembahasan suatu konten atau artikel lebih bisa berpengaruh pada ranking daripada sekedar kuantitas backlinks. Konten haruslah mendalam dan relevan agar bisa mendapat ranking teratas. Konten yang mendalam juga berarti konten tersebut lebih spesifik arah dan maksudnya. Dengan begitu, pengunjung yang terjaring pun hanya yang potensial. Sebenarnya konten pendek dengan topik yang spesifik justru lebih  baik daripada konten panjang yang tidak spesifik.

Sosial media juga punya andil dalam trend SEO 2017. Adanya sosial media bisa membantu membuat SEO kita lebih berkembang, caranya:

  • Buatlah konten berkualitas dan SEO-friendly.
  • Gunakan tools bermanfaat seperti Buzzsumo untuk menemukan akun otoritas sosial di industri yang kita geluti.
  • Puji brand dan konten mereka lalu minta mereka untuk juga melihat konten kita. Jika mereka suka, mintalah mereka untuk men-share konten kita ke komunitas mereka.

Secara garis besar, SEO sangat bergantung pada konten. Dari tahun-tahun yang lalu sampai sekarang, konten lah yang memiliki andil besar dalam peningkatan kinerja SEO. Konten dengan kualitas, relevansi, kedalaman, dan spesifikasi yang baik dapat mendominasi ranking di mesin pencari. Namun ternyata membuat konten seperti itu berarti dibutuhkan penulis konten yang benar-benar berkualitas dan dapat diandalkan. Seperti kata para master SEO, ‘konten adalah raja’ dalam dunia SEO. Setelah membuat konten yang luar biasa, barulah bisa dipoles dengan teknis ini dan itu maka ia dapat memberikan hasil secara lebih optimal.

Konten dengan tujuan dan spesifikasi yang jelas dapat lebih bisa diandalkan untuk SEO karena ia tidak hanya bisa meningkatkan ranking dimesin pencari namun juga membantu meningkatkan ‘brand awareness’. Konten seperti ini akan membuatnya lebih ‘linkable’ dan lebih disukai mesin pencari. Metode link-building memang diperlukan pula untuk bisa meningkatkan kinerja konten. Teknik yang tepat dapat memberikan hasil yang signifikan.

Namun perlu diingat meskipun para master SEO mengatakan ‘konten adalah raja’ namun tetap saja konten tersebut harus berdasarkan pada kebutuhan ‘konsumen’ yang berarti ‘konsumen adalah raja’. Mengapa? Ini karena yang membutuhkan konten adalah konsumen. Jika konten yang ada tidak relevan dengan kebutuhan konsumen maka sama saja tidak ada artinya. Maka, konten yang kita buat haruslah fokus pada kebutuhan konsumen, relevan, serta mobile-friendly.

Dalam dunia SEO, penting bagi seorang webmaster untuk selalu mengevaluasi strategi dan menguji cara apa yang terbaik untuk meningkatkan kinerjanya. Maka berikut adalah beberapa tips untuk meningkatkan SEO ditahun 2017:

  • Menambahkan nilai pada konten kita. Ini mungkin terdengar klise tapi memang inilah yang dibutuhkan. Menambahkan nilai juga harus dibarengi dengan relevansi untuk audiens yang ditargetkan. Itu semua bukan hanya tentang konten berkualitas tapi bagaimana kita mengetahui audiens kita agar ia bermanfaat untuk mereka sekaligus menempati posisi teratas dimesin pencari. Cara untuk menambahkan nilai pada konten kita bisa dilakukan dengan menganalisa konten yang sudah ada kemudian temukan topik yang paling populer. Selain itu, kita juga bisa melakukannya dengan lebih mengenal siapa audiens kita. Gunakanlah gabungan timing dan konten dan jangan ragu untuk memperluas area niche kita.
  • Fasilitasi pengalaman browsing audiens kita. Kesan para pengguna internet ketika mencari informasi sangat berarti. kita harus bisa memenangkan hati mereka dengan memberikan pengalaman browsing yang nyaman. Caranya bisa dilakukan dengan cara mengetes link situs kita dan memperbaiki link yang rusak untuk meminimalisir halaman eror atau konten yang duplikat. Konten kita juga harus menarik baik untuk audiens maupun untuk mesin pencari. Navigasi harus bisa membantu audiens untuk bisa browsing halaman situs kita tanpa masalah. Kecepatan halaman juga penting, maka kita harus selalu mengujinya setiap waktu. Scripts dan gambar biasanya menjadi alasan halaman kita menjadi lemot.
  • Investasikan waktu kita pada konten. Sejak tahun lalu sudah jelas bahwa mesin pencari lebih fokus pada konten aktual bukannya sekedar optimisasi. Tidak artinya menghabiskan waktu mengatur optimisasi jika kontennya ternyata tidak menarik bagi audiens. Cari tahu apa yang diharapkan audiens dengan senantiasa mengawasi keywords, sampai level keterkaitan topik. Mencari ide baru untuk memperluas konten juga bisa dilakukan. Pastikan bahwa kita berfikir seperti pembaca bukan seperti mesin pencari.
  • Optimalkan konten visual. Mengoptimalkan konten visual ternyata juga penting dalam meningkatkan SEO. Ini bukan hanya untuk kepentingan pembaca tapi juga untuk mesin pencari. Berfikirlah dengan seksama dalam membuat judul. Jangan lupakan pula untuk menambahkan alt text, metadata serta keywords. kita juga harus memperhatikan ukuran file. Kemudian, kita juga bisa membuat transkrip video untuk memfasilitasi mesin pencari dalam menemukan konten kita. kita juga sebaiknya mempertimbangkan untuk memiliki hosting video sendiri pada situs kita ketimbang hanya mengandalkan Youtube. Satu hal lagi yang tak kalah penting ialah untuk membuat konten yang unik. Tambahkanlah beberapa poin personal dan buatlah agar konten visual kita lebih menarik untuk bisa dibagikan audiens.
  • Pastikan online footprint kita tetap up to date. Keberadaan situs kita secara online bisa menghilang. Masalahnya ialah karena seringkali lupa bagaimana online footprint kita mungkin menyebar ke berbagai platform berbeda yang pernah kita coba. Merupakan ide yang baik untuk bereksperimen dengan platform-platform baru untuk mempromosikan keberadaan situs kita. Namun pastikan kita tetap up to date meskipun jika kita sudah berhenti menggunakan platform tersebut. Untuk tetap up to date, kita bisa membuat spreadsheet yang mengawasi keberadaan situs kita secara online. Spreadsheet ini pula bisa melakukan pengecekan sebulan sekali agar informasinya tetap up to date.

Lalu apa saja trend digital dan SEO 2017? Yuk kita intip informasinya berikut:

Menurut hasil evaluasi mengenai cara kerja Google sejak tahun lalu, faktanya bahwa Google bergerak ke dunia mobile dengan pasti. Ini bisa jadi sebagai cara untuk mengubah mindset desktop ke mobile. Fokus pencarian Google juga lebih  kepada pencarian entiti, prediktif, dan personal. Selanjutnya pencarian via suara juga semakin populer di Google. Algoritma yang lebih spesifik lebih digunakan pada mesin pencarian. Didunia mobile bahkan pencarian lokal yang relevan semakin tinggi. Kemudian, video/gambar dan video/marketing gambar menjadi sentral fokus untuk Google.

Di tahun 2017, trend SEO lebih fokus pada mobile search. Hasil dari berbagai statistik mengenai penggunaan mobile untuk pencarian Google sejak tahun 2015 hingga saat ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan besar. Mobile search bahkan mempengaruhi kenaikan traffic pada website ketimbang desktop search. Dari 24 industri, 20 diantaranya mengandalkan mobile search sebagai pendongkrak traffic mereka.

Hal tersebut bisa saja dikarenakan penggunaan smartphone yang semakin meningkat tiap tahunnya. Sebaliknya, jumlah penduduk dunia yang menggunakan desktop semakin menurun. Namun bukan berarti hal ini mengharuskan kita untuk menelantarkan desktop search. Terlebih jika situs kita adalah situs ecommerce. Sebaliknya, alih-alih menonjolkan salah satu dari mobile search atau desktop search akan lebih baik untuk menyeimbangkan keduanya. kita bisa membuat situs kita untuk bisa diandalkan baik untuk pencarian melalui mobile ataupun desktop.

Jadi apa yang harus dilakukan di tahun 2017 ini?

Seperti fakta yang telah disebutkan diatas mengenai mobile search, kini saatnya kita mempersiapkan untuk mobile-first indexing. Ini karena Google sudah memulai eksperimennya untuk membuat mobile-first index. Di tahun 2017, mobile-first index akan lebih trend dibanding desktop-first index. Sejak tahun 2015N Google sudah mencanangkan rencana perubahan dari desktop-first index ke mobile-first index. Google memberikan kita waktu untuk membuat versi mobile dengan format apapun yang memungkinkan, membuat konten dan halaman yang bisa disajikan pada versi mobile maupun desktop, mengimplementasi data terstruktur pada mobile, mempertimbangkan ulang user experience dan konversi optimisasi untuk bisa lebih digunakan pada mobile maupun desktop, mengatur ulang strategi link building jika kita memiliki situs mobile secara terpisah.

Ditahun 2017 ini, ada baiknya juga jika kita mulai mempertimbangkan AMP. Maka jika website kita sudah mendapatkan traffic tinggi untuk mobile search, kita bisa mulai menjadwalkan untuk pembuatan versi AMP. Ini seharusnya menjadi prioritas untuk blog, situs berita, ataupun situs resep. Namun meskipun kita memiliki situs ecommerce, akan lebih menarik jika memiliki kategori AMP untuk mengetes performa ROI dalam pembuatan versi AMP.

Selanjutnya ada pula Progressive Web Apps (PWA) yang menjadi trending topik untuk SEO 2017. PWA adalah pilihan terbaik untuk kita yang menjalankan situs ecommerce, tidak memiliki app, atau sedang mempertimbangkan untuk mengelola dua apps misalnya untuk versi android dan iOS. PWA memungkinkan karena biaya yang masuk akal dimana ia juga mengijinkan website untuk bekerja seolah ia juga sebuah app meskipun saat offline.

Kemudian, memahami bahasa adalah kunci dalam menyukseskan SEO. Dengan memahami bahasa, maka kita pun bisa lebih memahami apa yang dilakukan Google. Maka kita bisa mengembangkan SEO di tahun 2017 ini dengan megoptimasi proses index dari Algoritma Google daripada sekedar fokus menaikan rangking. Informasi diatas diharapkan dapat bermanfaat agar kita yang bergelut dibidang SEO memiliki gambaran lebih jelas tentang bagaimana SEO 2017 berkembang. Sehingga kita bisa mengevaluasi strategi yang kita gunakan selama ini dan memperbaiki segala kekurangan.